Selasa, 19 Maret 2013

Sumber Daya Alam




SUMBER DAYA ALAM


Pengertian Sumber Daya Alam
            Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati ataupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang tergolong sumber daya alam terdapat komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan.
            Persediaan total (total stock) yaitu jumlah semua unsure lingkungan yang mungkin merupakan sumber daya jika seandainya dapat di peroleh. Sumber daya (resources) yaitu bagian dari persediaan total yang dapat diperoleh manusia. Sedangkan cadangan (reserve) yaitu bagian dari sumber daya yang diketahui dengan pasti dapat diperoleh.

Sumber Daya Alam (SDA) dilihat dari 3 kemungkinan pemulihan, yaitu:
1.      SDA yang dapat dipulihkan (renewable flow resources)
SDA yang dapat diperbaharui/ dipulihkan adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Contoh : Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air.
2.      SDA yang tidak dapat dipulihkan (non renewable / stock reseources)
SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Contoh : Minyak bumi, emas, besi,
3.      SDA yang tidak akan habis atau punah (continous / inhausetable resources)

Macam-macam sumber Daya Alam
Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya.
a.      Berdasarkan sifat
Menurut sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi 3, yaitu sebagai berikut :
1)      Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut ter barukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali).
2)       Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), misalnya: minyak tanah, gas bumi, batu tiara, dan bahan tambang lainnya.
3)      Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.
b.      Berdasarkan potensi
Menurut potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam, antara lain sebagai berikut.
1.      Sumber daya alam materi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
2.       Sumber daya alam energi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut laut, kincir angin, dan lain-lain.
3.      Sumber daya alam ruang; merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
c.       Berdasarkan jenis
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :
1)      Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.
2)       Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar